Seni Ukir dari Cangkang Telur (pic)

Seorang seniman pengukir kulit telur,Franc Grom mampu mengukir 2.500 – 3.500 lubang dalam setiap telurnya.Karya yang luar biasa ini desainnya terinspirasi dari corak tradisional Slovenia.Berikut adalah contoh hasil karyanya.

proses  pembuatan yang rumit

proses pembuatan yang rumit

dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan untuk membuatnya

dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan untuk membuatnya

 kulit telur yang sensitif membutuhkan kehati-hatian untuk mengukirnya

kulit telur yang sensitif membutuhkan kehati-hatian untuk mengukirnya

dari sesuatu yang sederhana dihasilkan karya yang luar biasa

dari sesuatu yang sederhana dihasilkan karya yang luar biasa

adakah dari anda yang terinspirasi untuk mencoba membuatnya?

adakah dari anda yang terinspirasi untuk mencoba membuatnya?

sumber : http://www.hemmy.net

18 Tanggapan to “Seni Ukir dari Cangkang Telur (pic)”

  1. Diska Says:

    Saya sangat tertarik dengan hasil karya dari kulit telur ini, saya ingin mencobanya, tetapi saya tidak tau apa nama alat tersebut, di mana mencari alatnya dan bahan apa saja yang di gunakan

  2. Andi Wibisono Says:

    Saat ini saya sedang mencoba membuat ukiran dari cangkang telor angsa. Setelah melalui proses yang cukup rumit dan waktu yg.panjang ( saya mulai pada bln Nov 2007) maka pada awal 2008 saya berhasil menemukan cara membuat ukiran telor. Mulai dari mengeluarkan isinya, membuat pola, dan mengukirnya. Saat ini beberapa produk sdh.jadi, bagi yang ingin lihat hasilnya silahkan hub.saya

  3. lia Says:

    Saya sangat tertarik dengan hasil karya dari kulit telur ini, saya ingin mencobanya, tetapi saya tidak tau apa nama alat tersebut, di mana mencari alatnya di jakarta dan bahan apa saja yang di gunakan. Berapa biaya alat tersebut ?

  4. Andi Wibisono Says:

    Untuk Lia, menurut saya syarat pertama unt.hoby ini adalah tersedianya waktu yg. cukup banyak, sabar ,telaten dan tekun. Sebab pengerjaannya benar2 harus hati2, soal alat dapat dibeli di tool shop yaitu mini drill lengkap dengan berbagai macam matanya. Kalau mau liahat hasil yg saya buat, bisa buka blog saya yg. masih sederhana di “swangcarving.blogspot.com”

  5. lia Says:

    Tool shop itu ada dimana aja, apakah di Jakarta ada yang jual dan berapa kira-kira harganya? Karena saya ingin sekali membelinya dan belajar membuat ukiran ini. Mohon dibantu ya pak Andi agar saya dapat membeli alatnya di Jakarta. Untuk telurnya, adakah jenis tertentu yang boleh dipakai? Misnya: telur ayam kampung atau boleh telur ayam negeri ?

    Saya pernah lihat sebentar pada saat pameran untuk ukiran ini, tapi saya tidak detail menanyakannya pada saat itu. Hanya saya sempat membeli bukunya untuk belajar ukir ini dalam kategori yang sederhana atau pemula saja.

    Terima Kasih sebelumnya pak Andi

  6. lia Says:

    Dear Pak Andi,
    Untuk type mini drill ini, jenis apa yang digunakan ya pak ? Kira-kira harganya berapaan ya pak termasuk jenis mata bornya jika dibeli komplit ataupun terpisah, jika agak mahal, mungkin saya coba untuk menabung terlebih dahulu agar dapat sesuai dengan budget yang diharapkan. Mohon dibantu pak untuk alamat mini drill di jakarta dapat diperoleh.

    Terima Kasih sebelumnya Pak

  7. Andi Wibisono Says:

    Untuk Lia,
    Tool shop yg. pernah jual mini drill ada di tebet, namanya “Solusi tools shop” Jl.Tebet Dalam Raya No.104 A harganya waktu itu dibawah 150 ribu itu sdh termasuk satu set mata bor, ttg bahannya telor apa saja bisa , cuma kalo tlr angsa lebih kuat krn lbh tebal. Kalo sdh dapat alatnya siapkan juga alat bantunya yaitu slang kecil dllnya unt memasukkan air sabun untuk mencuci dalamnya telor biar gak amis, kalo sdh. kering baru deh bikin polanya dan mulai diukir. Kalo masih ada yg tdk jelas tanya lagi ya. Apa lia sdh buka blog saya? sebenarnya saya mau menulis proses pembuatannya tapi waktunya gak ada jadi ya cuma muat gambarnya saja, sama biografi saya, selamat mencoba.

  8. lia Says:

    Terima Kasih Infonya pak.

    Saya sudah buka blognya, hasil ukirannya sangat indah. Saya ingin sekali bisa membuatnya. Tapi seperti yang Bapak katakankan, saya harus rajin latihan dengan tekun. Mungkin untuk tahap pemula seperti saya, bentuk-bentuk yang sederhana terlebih dahulu.

    Tahap pertama, saya ingin membeli alatnya terlebih dahulu. Kemudian mencoba bahan dari telur ayam terlebih dahulu, karena itu yang paling mudah di dapat. Jika ada yang tidak dapat saya mengerti, saya akan tanya ke Bapak lagi.

    Harapan saya, saya bisa membuat ukiran telur-telur yang indah, dan jika hobby ini bisa berkembang, semoga bisa menjadi usaha yang maju apalagi di masa krisis global ini

    Terima Kasih Pak.

    • lia Says:

      Salam jumpa kembali Pak Andi.

      Maaf baru bisa sapa kembali. Saya sudah coba pergi kembali ke toko tebet di solusi toll shop tersebut tapi tidak ada bor mini tersebut di jual. Saya coba hunting di glodok ataupun seperti Ace Hardware juga tidak ada. semuanya ukuran besar dan mata bornya tidak kecil seperti pena yang ada di gambar yang saya liat di proses pembuatan telur yang rumit dari seni ukir dari cangkang telur di atas Dimanakah saya bisa membeli alat tersebut.

      Karena saya ingin sekali praktek belajar membuat ukiran tersebut mohon bantuannya ya Pak untuk info dimana saya dapat menemukan/membeli alat tersebut. Ataukah bapak menjual alat-alat tersebut ? Mohon bantuannya ya Pak.

      Terima Kasih

  9. sudhew Says:

    saya juga berminat dalam bisnis ini
    saya mau terlibat di bagian pemasaran,karena untuk seni ketrampilan saya sangat payah :-D

  10. Andi Wibisono Says:

    Saya memang sedang pikirkan unt. menjual hasil produk saya, terutama pasar LN , tapi karena krisis global sdg melanda seluruh dunia, ya ditunda dulu saja, atau ada pasar lain yg potensial atau barangkali pasar domestik ?

  11. sudhew Says:

    saya tinggal di malang jawa timur,mungkin saya akan coba hubungi teman saya di pariwisata siapa tahu bisa memberikan solusi misalnya membuat ruang pamer di sebuah tempat wisata di kota malang
    tapi sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas perhatiaannya

  12. prima Says:

    alat apa yang bisa di gunakan untuk membuat ukiran seperti itu??
    apakah ada alat pengganti untuk membuat ukiran seperti itu!

    saya mahasiswa jurusan seni rupa di surabaya!!!
    maaf sebelumnya dan terima kasih!!

  13. iema Says:

    ukiran telor’a kren ya,leh nnyak g’?cra buat nya biar rapi n bgus gu gmna sich???????????????????????????
    bleh tao g dari mana dapat ide utk buat seni ukir dari telor yg manis banget kyak gtu………………….???????????????????????

  14. hardy Says:

    Pak Andi,
    Saya sangat tertarik dengan kerajinan ukir telur ini. Saya sekarang sedang cari mini drill, tadi sudah cari ke tebet tapi barangnya lagi kosong. Saya ingin tau merk , serta daya listrik mini drill tersebut?

    Untuk bikin polanya caranya gimana? Apa langsung digambar pakai mini drill tersebut?

    Terimakasih

  15. yan abdee Says:

    bagus sekali memang ukiran telor, jika mau pesan 1 buah ukiran harganya min and maksnya brp dalam rupiah
    trmksh..

  16. Ruslan Says:

    Saya tertarik dengan seni ukir cangkang telur ini & juga hasil karya Bapak. Jika saya ingin tahu lebih dalam mengenai seluk-beluk seni ukir cangkang telur ini dimana saya bisa menghubungi Bapak, mungkin Bapak bisa mengirimkan alamat email Bapak.

    terima kasih

  17. lia Says:

    Salam jumpa kembali Pak Andi.

    Maaf baru bisa sapa kembali. Saya sudah coba pergi kembali ke toko tebet di solusi toll shop tersebut tapi tidak ada bor mini tersebut di jual. Saya coba hunting di glodok ataupun toko lainnya juga tidak ada. semuanya ukuran besar dan mata bornya tidak kecil seperti pena yang ada di gambar yang saya liat di proses pembuatan telur yang rumit dari seni ukir dari cangkang telur di atas Dimanakah saya bisa membeli alat tersebut.

    Karena saya ingin sekali praktek belajar membuat ukiran tersebut mohon bantuannya ya Pak untuk info dimana saya dapat menemukan/membeli alat tersebut. Ataukah bapak menjual alat-alat tersebut ? Mohon bantuannya ya Pak.

    Terima Kasih


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

