Kejuaraan Bulutangkis China Terbuka Markis Kido/Hendra Setiawan Tembus Dominasi China

Nama besar Indonesia di dunia bulutangkis masih terjaga. Pasangan ganda pria Markis Kido/Hendra Setiawan mampu menembus dominasi para pebulutangkis Tiongkok. Mereka mampu merengkuh gelar juara di Tiongkok Terbuka 2006 yang berakhir kemarin di Tianhe Sport Center, Guangzhou.

Di final, Markis/Hendra menunjukkan konsistensinya sepanjang berlang-sungnya even ini. Tanpa kesulitan berarti, ganda yang menempati peringkat kesembilan dunia ini menjungkalkan pasangan tuan rumah yang juga menempati unggulan pertama Fu Haifeng/Cai Yun, dua set langsung, 21-16, 21-16.

Gelar ini menjadi gelar ketiga bagi ganda pria nomor dua Indonesia ini. Sebelumnya mereka menjuarai turnamen satellite Jakarta Terbuka dan turnamen bintang enam Hongkong Terbuka 2006. Hasil itu sekaligus membuktikan, nomor ganda pria masih menjadi andalan bagi Merah Putih untuk meraih prestasi di pentas internasional.

Gelar ganda pria menjadi satu-satunya posisi terhormat yang lolos dari rengkuhan para pebulutangkis Tiongkok. Negeri Tembok Raksasa tersebut menempatkan wakilnya di seluruh nomor final. Bahkan di tiga nomor, yakni tunggal pria, ganda wanita, dan ganda campuran para pebulutangkis Tiongkok saling bertemu di final. Hasilnya, tuan rumah meraih empat gelar dalam turnamen bintang enam yang berlangsung di negerinya sendiri.

Dominasi Tiongkok diawali oleh ganda wanita Yang Wei/Zhan Jiewen. Dalam partai yang mempertemukan sesama pasangan Tiongkok ini, mereka menundukkan Wei Yili/Zhang Yawen dalam straight set 21-17, 21-17.

Pebulutangkis nomor satu dunia di kelompok wanita, Zhang Ning, melanjutkan dominasi Tiongkok. Di nomor tunggal wanita, Zhang Ning tanpa kesulitan menghentikan perlawanan Yao Jie (Belanda) 21-14, 21-5. Sementara, Chen Hong menjadi yang terbaik di tunggal pria. Di final, dia membungkam rekan senegaranya Bao Chunlai dua set langsung 21-17, 21-19. Bao, yang di semifinal menjungkalkan tunggal nomor satu dunia Lin Dan, tak mampu berbuat banyak dan harus mengakui keunggulan Chen Hong.

Raihan gelar para pemain Tiongkok di turnamen ini tak berhenti di situ. Pasangan ganda campuran, Xie Zhongbo/Zhang Yawen melengkapi empat gelar yang dikuasai Tiongkok. Ganda berperingkat enam dunia ini menundukkan rekannya Xu Chen/Zhao Tingting 21-19, 21-5.

sumber : indopos.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: