Mr XX Dipastikan Fauzin Suyanto

Mayat di kebun tebu yang semula diduga sebagai Asrori dan belakangan disebut sebagai Mr XX dipastikan adalah mayat Fauzin Suyanto. Fauzin ini diduga memiliki hubungan khusus dengan Very Idham Henyansyah alias Ryan, pelaku pembunuhan berantai dari Jombang.

Kepastian bahwa Mr XX adalah Fauzin alias Antonius, kelahiran Nganjuk, ini diungkapkan oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Abubakar Nataprawira di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (17/9) setelah didapat kecocokan DNA antara Mr XX dengan keluarga Fauzin. “Mr X dua (XX-red) itu adalah Fauzin,” ujar Abubakar. “Sekarang perlu dicari siapa pembunuhnya.”

Polisi sendiri, menurut Abubakar, masih akan melakukan penyelidikan mengenai hubungan Ryan dengan Fauzin. “Sekarang masih dalam penyelidikan. Belum ada indikasi ke arah Ryan,” ujarnya.

Sebelumnya, keluarga Fauzin Suyanto, 29 tahun, warga Jalan M.T Haryono I, Kecamatan Kota, Kabupaten Nganjuk, sudah curiga bahwa mayat Mr XX adalah Fauzin. Alasannya, mayat yang ditemukan di kebun tebu Bandar Kedungmulyo, Jombang itu memiliki kesamaan ciri dengan Fauzin. Ihwal dugaan bahwa mayat di kebun tebu adalah Fauzin juga sudah berkali-kali diberitakan, namun sejauh ini polisi belum bersedia mengakui sebelum mendapatkan hasil tes DNA.

Salah satu ciri-cirinya adalah gigi gingsul Fauzin di rahang kiri dan tingginya sekitar 160cm. Selain itu Fauzin punya luka bakar knalpot di bagian kaki seperti mayat kebun tebu. Selain itu, barang bukti (BB) berupa baju dan jaket yang dikenakan Mr XX saat ditemukan di kebun tebu, ternyata diakui milik Fauzin. Saat ditemukan pada 29 September 2007 lalu, mayat Mr XX sudah sulit dikenali karena kondisinya rusak dan berbelatung, serta tak ada satupun kartu identitas tertinggal bersamanya. Sehingga, pakaian yang menempel pada Mr XX menjadi petunjuk paling berharga untuk menguak jati diri mayat itu.

Hal lain yang menguatkan dugaan, pembunuhan mayat di kebun tebu yang dinyatakan polisi terjadi pada 22 September (tapi baru ditemukan 29 September), hanya berselang sehari dengan menghilangnya Fauzin dari rumahnya yang kemudian tak kembali hingga kini.

“Dia pergi dari rumah pada 21 September 2007 setelah buka puasa. Habis itu kami tak mendengar lagi kabarnya,” kata Sudarsih, kakak Fauzin, saat ditemui di rumahnya di Jl MT Haryono, Kelurahan Ploso, Kabupaten Nganjuk beberapa hari lalu.

Selama ini, polisi berpendirian bahwa Mr XX itu adalah Asrori –warga Desa Kalansemanding, Kec. Perak, Jombang. Polisi berpegang pada identifikasi yang dilakukan keluarga Asrori setelah mereka melihat ciri-ciri fisik mayat. Hanya saja, identifikasi keluarga Asrori sebetulnya agak berbeda dengan hasil otopsi RSU Jombang terhadap Mr XX. Otopsi menyebut gigi Mr XX adalah tongos, sedangkan identifikasi keluarga Asrori mengatakan gigi Asrori adalah gingsul. Justru ciri-ciri Fauzin yang mirip dengan hasil otopsi.

Selain menyatakan bahwa Mr XX sebagai Asrori, kepolisian sebelumnya juga menyatakan bahwa pelaku pembunuhan mayat di kebun itu adalah tiga orang. Yakni Imam Khambali alias Kemat (31), Devid Eko Priyanto (17), dan Maman Sugianto alias Sugik (27). Bahkan Kemat dan Devid telah divonis masing-masing 17 dan 12 tahun oleh Pengadilan Negeri (PN) Jombang; sementara Sugik masih berstatus terdakwa karena masih menjalani proses persidangan. Ketiganya kini mendekam di LP Jombang.

Dengan kian menguatnya petunjuk bahwa Mr XX adalah Fauzin, dan bukan Asrori, semakin tampak jelas bahwa ketiga orang tersebut merupakan korban salah-tangkap. Apalagi, hasil tes DNA polisi terhadap salah-satu mayat yang dikubur di belakang rumah Very Idham Henyansah alias Ryan di Tembelang, Jombang, menyatakan bahwa mayat itu adalah Asrori. Ryan malah mengakui dirinyalah yang membunuh Asrori, dengan dipukul linggis.

sumber : kompas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: