Mafia Obat-obatan di Dalam Rumah Sakit di Kota Malang

Peristiwa ini merupakan pengalam pribadi teman saya yang diceritakan kepada saya.
Teman saya,sebut saja namanya si A adalah seorang pegawai di sebuah rumah sakit di Kota Malang,dia bekerja di bagian farmasi.Tugasnya adalah untuk menyiapkan obat untuk pasien di rumah sakit.
Dia menceritakan kepada saya mengenai kebobrokan yang terjadi di rumah sakit itu.Begini ceritanya:
Pada suatu hari ada pasien di rumah sakit yang menjalani rawat inap di kelas 2,setelah mendapatkan pemeriksaan oleh dokter dia diminta untuk menebus resep tertentu,karena kondisinya yang pas-pasan dia meminta resep obat generik.Setelah resep itu dibawa oleh si A,kemudian si A mengajukan resep itu ke bagian apotik untuk mendapatkan obat tersebut.Oleh pihak apotik dikatakan bahwa obat jenis ini versi generiknya kosong,yang ada tinggal yang paten dengan harga lebih dari 10x lipat(yang generik Rp.12.500.yang paten harganya Rp.165.000,-)Teman saya gak begitu saja percaya,karena melihat kondisi si pasien yang memprihatinkan.Kemudian di menelpon bagian logistik,ternyata di menurut bagian logistik obat jenis itu versi generiknya masih ada,lalu bagian logistik mengkonfirmasi ke pihak apotik rumah sakit.
Setelah pihak logistik menelpon bagian apotik ternyata teman saya malah dimarahin,katanya sok sucilah,katanya pasien kelas 2 biasanya mampu lah untuk menebus obat semahal itu.
Teman saya terus terang kecewa tapi tidak mampu berbuat apa-apa karena itu wewenang pihak apotik rumah sakit.
Kemudian pada suatu hari datang seorang detailer obat-obatan dan sempat ngobrol ke teman saya bahwa dia habis menyetorkan bonus ke pegawai apotik itu karena obat-obatannya laris.
Ini sungguh sangat ironis sekali,di tengah usaha pemerintah berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang murah bagi rakyatnya,masih aja ada oknum-oknum yang memanfaatkan penderitaan orang lain demi keuntungannya pribadi,dan aku yakin perbuatan seperti itu tidak hanya terjadi di rumah sakit itu.sepertinya memang benar-benar ada jaringan mafia obat-obatan di rumah sakit.Dan kita sebagai rakyat yang selalu jadi korbannya.

Teman saya benar-benar menghadapi dilema,di satu sisi hati nuraninya berontak melihat kenyataan ini,tapi jika harus melaporkan ke atasannya dia kuatir atasannya juga terlibat dalam praktek seperti ini dan berakibat sangat fatal bagi karir teman saya.Mohon saran dari teman-teman sekalian.

2 Tanggapan to “Mafia Obat-obatan di Dalam Rumah Sakit di Kota Malang”

  1. bimatampan Says:

    turut berduka cita atas matinya kejujuran di negeri ini…….

  2. pak_rw Says:

    Dilaporin aja dhew! Coba dicari benang merahnya antara kasus temanmu dengan artikelmu yang ada disini https://sudhew.wordpress.com/2008/11/02/pilih-sosialisme-atau-kapitalisme/.

    :d


Tinggalkan Balasan

